LN001
LN001

OBH YRPP Bersama IKA STAIS Adakan Penyuluhan Bantuan Hukum Gratis Untuk Masyarakat Miskin Sadengrejo.

OBH YRPP Bersama IKA STAIS Adakan Penyuluhan Bantuan Hukum Gratis Untuk Masyarakat Miskin Sadengrejo.
Bagikan :
9 Views

Pasuruan, lensa_nusantara — Puluhan warga Desa Sadengrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan mendapat penyuluhan hukum dari Organisasi Bantuan Hukum (OBH) YRPP (yayasan rumah perempuan pasuruan) kaitan program bantuan hukum gratis dari kementrian hukum dan HAM untuk masyarakat miskin di Madin Tarbiyatul Aulad Sadengrejo Rejoso, Kamis (25/7/19).

Meski program yang dibuat oleh pemerintah ini sudah berjalan lama, namum para ibu ibu tersebut baru mendengar kali ini kalau ada bantuan hukum gratis dari pemerintah untuk masyarakat miskin.
“Baru kali ini saya mendengar mas, mungkin karena saya orang desa kali ya, jadi gak tahu, untung saja saya ikut penyuluhan,” Ucap salah satu peserta.

Dalam presentasi yang dilakukan OBH YRPP, menjelaskan bahwa program bantuan hukum untuk masyarakat miskin ini gratis, karena sudah di anggarkan oleh pemerintah, baik dari kementrian hukum dn HAM, maupun pemprov Jatim untuk pendampingan kasus / bantuan hukum pada masyarakat miskin yang sedang tertimpa masalah hukum, baik pidana maupun perdata.

“Caranya, cukup melampirkan KTP anda, kemudian Surat keterangan miskin dari kelurahan setempat, dan berkas perkara / kasus yang menimpa pada pihak pemohon, kemudian disampaikan pada OBH yang sudah terakreditasi,” Cetus Ali Mas’ud dewan pembina OBH YRPP.

Dijelaskan Ali Mas’ud, bahwa dalam program yang dibuat Kemenkum HAM, besaran anggaran yang sudah disiapkan oleh pemerintah untuk pendampingan kasus pada masyarakat miskin sebesar 8 juta rupiah, itu sudah sampai pada Incrach hingga PK (peninjauan kembali).

foto bersama pemateri OBH & IKA STAIS dengan sebagian peserta

Nur Jazilah (34) salah satu peserta yang ikut dalam penyuluhan merasa senang karena sudah mendapat tambahan ilmu dari acara yang dibuat oleh OBH YRPP. Menurutnya, ini merupakan ilmu yang bisa bermanfaat untuk dirinya dan para tetangganya.

“Ini sangat bermanfaat mas, karena masyarakat miskin ketika tertimpa permasalahan hukum, dirinya tak akan mampu untuk membayar advokat untuk membantu permasalahannya. dengan adanya program ini, masyarakat miskin masih bisa membela kasusnya dihadapan hukum dengan menggunakan program ini,” Tukas Jazilah.

Sementara itu, Abd. Qodir barik selaku ketua yayasan Tarbiyatul Aulad yang ketempatan acara, menyampaikan bahwa dirinya siap membantu para tetangganya yang dirasa butuh bantuan hukum jika tertimpa kasus hukum.

“Kami siap membantu para ibu ibu jikalau memang seandainya nanti ada permasalahan hukum yang menimpa. datang saja kerumah, saya akan menjembatani kasus ibu untuk sampai pada OBH, sehingga kita dapat bantuan / pendampingan hukum secara gratis,” Ucap Barik.

Diketahui, giat penyuluhan hukum oleh OBH YRPP pada warga Sadengrejo ini di jembatani oleh IKA STAIS (Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin) Pasuruan. Nampak terlihat dari beberapa alumni STAIS seperti Faizin, Idrus, Misbahul Munir, dan Abd. Qodir Barik yang notabene ketua IKA STAIS. (Fiq)

foto peserta penyuluhan saat tengah mendengarkan pemateri

About The Author

Related posts