Lensa Nusantara
Bondowoso Featured Pendidikan

MPLS Daring SMPN 1 Bondowoso, Tetap Interaktif di Tengah Pandemi

Bondowoso, Lensa Nusantara – Tahun ajaran baru 2020/2021 resmi dimulai 13 Juli 2020. Guna menyambut siswa baru, lazim diadakan Masa Pengenalan Linkungan Sekolah (MPLS). SMP Negeri 1 Bondowoso tak ingin kondisi pandemi covid 19 menghambat kegiatan rutin tahunan itu. Maka dikemaslah MPLS secara virtual atau daring.

MPLS Daring 2020/2021 dimulai 13 Juli 2020 pukul 08.00 WIB. Acara dibuka secara virtual oleh Kepala SMPN 1 Bondowoso, Mohammad Rubangi, S.Pd. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa tema MPLS tahun ini adalah ”Menggali kebaikan dan potensi diri dengan maksimal dari rumah”. Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa sekolah yang dipimpinnya sudah sangat siap untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh melalui pembelajaran daring.


“Sudah kami siapkan tiga studio khusus untuk melaksanakan pembelajaran daring. Selain itu, gurunya juga sudah kami workshop penyusunan perangkat pembelajaran daring, mulai dari RPP sampai penilaian yang sesuai dengan pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid 19”. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa SMPN 1 Bondowoso tidak patah semangat untuk terus berinovasi dan mencari terobosan menyiasati pembelajaran yang efektif di masa pandemi.


Ketua Panitia MPLS Daring, Fiberti Dewi Safitri, M.Pdi selaku Wakasek Kesiswaan menyampaikan kegiatan MPLS daring diikuti 226 peserta. Menurutnya, walaupun beberapa wilayah sedang ada pemadaman aliran listrik namun semua siswa baru tetap mengikuti. “Ada siswa baru yang mengikuti MPLS daring dari rumah temannya. Hal itu menunjukkan bahwa kemasan MPLS Daring tetap menarik karena dikemas secara interaktif. Bukan sekadar menampilkan video profil sekolah.”


MPLS Daring menyajikan beberapa materi, di antaranya visi misi sekolah, cara belajar jarak jauh, tata tertib dan tata karma siswa dalam pembelajaran daring, pengenalan lingkungan sekolah, pendidik dan tenaga pendidikan, serta profil pengurus OSIS dan ekstrakurikuler. “Kami juga melibatkan pihak Polres, Dinas Kesehatan, dan Koramil Kota. Mereka menyampikan materi tentang penanggulangan kenakalan remaja dan narkoba, protokol kesehatan untuk melawan Covid 19, serta wawasan kebangsaan dan anti radikalisme”.


Mohammad Hairul, M.Pd selaku Pembina OSIS menyampaikan bahwa pihaknya memang tertantang untuk membuat cara penyambutan terbaik bagi siswa baru. “Sebanyak 226 siswa baru itu ingin kami layani sebaik mungkin. Kami tidak ingin komunikasi antara pihak sekolah, orang tua/wali murid, serta siswa baru terhambat karena pandemi covid 19. Alhamdulillah piranti teknologi digital di SMPN 1 Bondowoso membuat kami bisa tetap bersinergi dalam memulai tahun pelajaran baru 2020/2021”. ungkap Hairul.

  • Reporter : Yadi/Hosairi
  • Editor : Arik Kurniawan
  • Publikasi : Jasuli/Makruf/Taufik

Related posts

Tusuk Babinsa Gunakan Belati, Tiga Oknum TNI Dijerat Hukum Tentara

Redaksi

TIM GT-PP Gelar Penyemprotan Disinfektan Serentak di Indragirihulu

Redaksi

Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Serah Terima Jabatan 3 Komandan Brigade Infanteri dan Komandan Resimen Armed

Redaksi